Atasi Switch Hub Error dan Lampu Port Selalu Menyala

Selamat sore..
Cerah sekali hari ini, secerah hati saya yang kebetulan sedang bergembiraloka. bhahaha...
Langsung ketopik? Hmmmm... Tunggu dulu, saya akan cerita cedikit kronologi kasus  untuk Atasi Switch Hub Error dan Lampu  Port Selalu Menyala.

Kemarin saya membeli rongsokan swich hub dari teman saya. merek TP-Link TL-SF1005D. Saat lampu indikator menyala, ada salah satu indikator port yang selalu menyala padahal tidak terkoneksi apapun. Seperti pada gambar berikut ini :
Saat saya colokkan kabel pada port yang menyala tadi, lampu port malah mati. Seperti pada gambar berikut:
Dan pada saat port lain saya koneksikan dengan jaringan, komputer tidak saling terkoneksi. Wah, berarti positif rusak dong switch hub nya? Ya memang rusak lah... Namanya juga beli rongsokan. Bhahaha... Lalu bagaimana cara mengatasinya? Mari simak sejenak:


  1. Silahkan bongkar Switch Hub anda dan lihat apakah terdapat debu atau kotoran didalamnya,
  2. Setelah anda bersihkan, hubungkan kembali apakah switch hub kembali normal atau tidak,
  3. Jika masih error, bongkar port yang yang mengalami error untuk kemungkinan terjadi hubungan pendek didalam port tersebut kemuduan cek kembali apakah switch hub kembali normal atau belum.

  4. Jika masih error juga, bongkar IC warna hitam yang terhubung dengan port. Ini bertujuan jika terjadi arus pendek pada IC,  arus pende akan terputus jika IC dicopot/bongkar. Hasilnya kurang lebih seperti pada gambar berikut:
  5. Hubungkan kembali dengan adaptor untuk melihat hasil akhir. Dan selamat switch hub anda sudah kembali normal. 
  6. Berikut adalah penampakannya:
  7. Dan ini adalah hasil ping dari port yang terhubung jaringan:
NB: Port maupun IC bisa anda ganti dengan IC sejenis kalau memungkinkan. Jika tidak, anda bisa menggunakan sisa port yang masih dapat digunakan.

Sekian dari saya untuk cara Atasi Switch Hub Error dan Lampu  Port Selalu Menyala. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Related Posts:

2 Responses to "Atasi Switch Hub Error dan Lampu Port Selalu Menyala"

  1. endolsurendol..ma'nyos gan, makasih infonya. Gimana kalo Hub 48 port gan cara deteck nya kalo ada yg port rendah kecepatannya...thx

    BalasHapus